PROPOSAL USAHA NAGACOL FRUIT (RISOL BUAH SEHAT)



PROPOSAL USAHA NAGACOL FRUIT (RISOL BUAH SEHAT)

 

 


Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas Rahmat serta Karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal bisnis yang berjudul “Nagacol Fruit”. Proposal bisnis ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan penulis dalam bidang usaha ekonomi serta dapat menambah pengalaman bagaimana cara mengelola suatu usaha seperti dalam bidang usaha makanan “Nagacol Fruit” yang mempunyai isi buah-buahan.
Dengan segala kerendahan hati, kami  mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penulisan proposal bisnis ini. kami menyadari bahwa penulisan proposal bisnin ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami memerlukan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak guna penyempurnaan proposal bisnis ini. Kami berharap semoga proposal bisnis ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membacanya.

Depok, April 2016

Penyusun





 
BAB  1
PENDAHULUAN
1.1           Latar Belakang
Produk merupakan hasil dari kegiatan produksi yang berwujud barang atau makanan. Produk mempengaruhi kepuasan konsumen karena merupakan  salah satu misi kami dalam menawarkan ke pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Produk mempunyai wujud tertentu dan sifat fisik tertentu, disamping itu terdapat tenggang waktu antara saat diproduksinya suatu produk dengan saat dikonsumsinya produk tersebut oleh konsumen.
Berdasarkan sifat produksinya, produk dapat digolongkan menjadi perishable product yaitu sifat produk yang mudah rusak atau kadaluarsa karena ketidakmampuannya untuk disimpan. Adapun yang termasuk perishable product merupakan produk yang memiliki siklus hidup relatif singkat seperti sayuran, buah-buahan, roti, makanan cepat saji.
Di zaman modern seperti sekarang, banyak konsumen yang kurang tertarik pada makanan yang berbahan dasar buah-buahan. Oleh karena itu kami berinovasi menciptakan produk sehat yang berbahan dasar buah-buahan. dan bahan tambahan berupa keju, yang dapat dinikmati konsumen. Produk yang kami buat tidak menggunakan bahan pengawet dan MSG, sehingga aman untuk dikonsumsi.
Kami menamakan produk kami “Nagacol Fruit” karena dari kata fruit yang berarti buah dalam bahasa inggris. Dan Nagacol atau singkatan dari Naga Colek. Maksudnya adalah kami membuat saus  makanan yang terbuat dari buah Naga, dan cara makannya saus tersebut di colek.
kami membuat makanan yang berbahan dasar buah  Apel, Pisang, Naga Nanas, dan kami juga menggunakan keju. Berikut ini adalah manfaat dari bahan-bahan tersebut.
Buah yang kami gunakan merupakan buah yang segar, dengan kematangaaan buah baik, sehingga saat konsumen menikmati produk kami, mereka dapat merasakan sensasi yang berbeda karena kesegaran buah-buahan, dan pastinya Risol ini berbrda dari Risol yang biasanya di jual di pasaran.
Dan berikut ini adalah manfaat Buah-buahan tersebut:

a.        Melancarkan peredaran darah, karena pisang Pisang memiliki kandungan  potasium yang baik untuk peredaran darah.
b.        Membantu pencernaan pada usus, karena Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup konsumsi saja buah pisang.
a.        Kaya vitamin B12 dan asam folat dalam keju yang bermanfaat membantu sintesa DNA.
b.        Kaya selenium yang penting untuk sintesa suatu enzim antioksidan.
c.        Kaya fosfor yang bermanfaat sebagai pembentuk ATP untuk produksi energi, pembentuk tulang .
d.        Kaya kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi, pembekuan

a.        Pencegah Penyakit Diabetes. Kandungan serat larut dalam buah tersebut mampu menangkal datangnya penyakit diabetes
b.        Penghindar Aneka Kanker Yang Efektif. Ini dikarenakan, apel mengandung flavonoid yang terbukti ampuh menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu menyerang tubuh sehat anda.
a.        Mencegah Penyakit kanker, karena vitamin C yang mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas..
b.        Khasiat buah naga merah berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung.
a.    Pencegahan degenerasi macula, karena Zat beta memberdayakan penglihatan.
b.    Menjaga kesehatan usus, karena nanas mengandung serat makanan yang sangat penting dalam menjaga Anda teratur dan dalam menjaga kesehatan usus




Muhamad Fajar
Direktur
                                             
Windi Novita
Sekretaris
Ria Apriani
Marketing
Rieka Rosalina
Chef
Arfan Faizal
Supervisior
Vera Wahyuni Ulandari
Bendahara
 










a.        memimpin, merencanakan, mengarahkan, mengatur, mengawasi, mengambil keputusan
b.        Mengawasi dan membantu dalam proses pembuatan produk
c.        Bertanggung jawab atas segala tindakan yang di lakukan

a.        Membuat jadwal Pertemuan antar bagian yang tergabung
b.        Membuat proposal usaha
c.        Membuat Surat Pengenalan Produk


d.        Mendisposisikan smua Surat yang masuk
e.        Memanage Surat Masuk dan Surat Keluar.

a.        Mengelola keuagan
b.        Mengatur pemasukan dan pengeluaran uang
c.        Membuat laporan keuangan
d.        Mengatur keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran uang.
e.        Mengatur pembagian hasil dari penjualan kepada semua bagian yang bergabung
f.         Melakukan semua hal yang berhubungan dengan keuangan.

a.        Membuat strategi dalam pemasaran produk
b.        Bertemu langsung dengan konsumen
c.        Mengatur pemasaran secara online
d.        Membuat semua akun social media(instagram, facebook, twiter,dll).
e.        Mencatat semua komentar dari konsumen demi perkembangan Produk yang lebih baik.

a.        Berinovasi membaut produk yang berbeda dengan produk lain
b.        Mempraktekan pembuatan produk
c.        Bertanggung jawab atas produk yang di buat
d.        Melakukan riset atas produk yang di buat.

a.        Membantu menyediakan bahan-bahan yang di butuhkan dalam pembuatan produk
b.        Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang di butuhkan dalam pembuatan produk
c.        melakukan pengawasan dalam kegiatan operasional
d.        Mengecek standar kualitas operasional.\
e.        Mengecek Daftar hadir semua bagian yang tergabung.






Berikut ini adalah Visi Misi kami
Memproduksi dan menjual Makanan yang Sehat, Halal, Enak, Bermutu, dan berbeda dari makanan lain. Kepuasan pelanggan adalah prioritas kami
a.      Makanan yang beda dengan yang lain
b.      Dari bahan berkualitas segar dan halal
c.      Kerjasama yang baik adalah pedoman kami
d.      Membangun hubungan yang baik antara Produsen dan Konsumen
e.      Melayani dengan Etika yang baik
f.       Kepuasan Konsumen penghargaan tertinggi kami
g.      Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
h.      Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun pelayanan dengan Professional.
i.        Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan produsen guna mencapai performa operasional yang maksimal.
j.        Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi usaha terbaik di Indonesia.




2.1       Segmentasi Pemasaran
Berikut ini kami membuat segmentasi pemasaran untuk produk yang kami tawarkan.

Kami akan memasarkan produk kami di daerah Depok,dan daerah Jakarta yang memungkinkan untuk di jangkau.
Untuk depok Contohnya pasar pagi Juanda, kami memilih pasar pagi juanda, karena pangsa pasarnya bagus, dan yang datang  ke tempat itu dari semua kalangan, dan dari survey lapangan yang kami lakukan, pengunjung pasar lebih senang membeli camilan sehat, seperti yang kami tawarkan.
Untuk daerah Jakarta kami akan memasarkan secara membuat booth jika ada kegiatan tertentu seperti pameran makanan sehat, dan acara-acara kantor, seperti ulang tahun kantor dan sebagainya.
Produk camilan yang kami produksi dapat di konsumsi oleh semua orang, mulai dari pria, wanita, anak-anak yang berusia 1 tahun sampai orang dewasa, karena produk kami berbahan dasar buah yang segar asli, tanpa perasa buah.
 sehingga anak-anakpun dapat mengkonsumsinya tanpa takut akan bahan tambahan seperti perasa dan pemanis buatan.
Di zaman sekarang ini, banyak yang mengasumsikan bahwa pria dan Wanita memiliki derajat yang sama, bukan hanya pria yang bekerja, tetapi wanitapun tidak mau kalah, banyak wanita yang ingin seperti pria, memiliki career yang baik dalam dunia kerja. Dan tidak jarang wanita zaman sekarang yang tidak bisa masak.
Oleh kerena itu kami menawarkan produk camilan sehat yang cocok untuk orang yang sudah bekerja, yang tidak mau repot masak. Dan biasanya orang yang sudah bekerja lebih memilih mengkonsumsi camilan dari pada makanan berat.

2.2       Marketing Mix
1. Analisis SWOT

a.        Strength (Kekuatan)
1.      Menjual produk untuk semua kalangan (anak anak, remaja, dan orang tua)
2.      Memiliki keunikan rasa dari semua risol yang pernah ada, karena isinya adalah buah
3.      Baik bagi kesehatan, karena kandungan yang terdapat dalam buah.

b.        Weaknes ( Kelemahan)
1.      Sangat mudah di buat sendiri, sehingga
2.      biasannya orang memilih untuk membuatnya sendiri
3.      Cara pembuatannya mudah di tiru

c.        Opportunity ( Peluang)
1.      Mudah dalam pemasaran, karena makanan banyak orang yang tertarik kepada makanan seahat yang berbasis buah-buahan.
2.      Alat dan bahan mudah di temukan, sehingga kami tidak merasa kesulitan dalam pembuatan camilan ini
3.      Modal yang di butuhkan tidak besar, sehingga kami mampu memproduksinya terus-menerus.
4.      Harga terjangkau.

d.        Threat ( Ancaman)
1.      Jika ada produsen baru yang membuat produk sama seperti kami.
2.      Pesaing menambah varian rasa buah yang sulit kami dapatkan, contohnya buat strawberry, buah tersebut ada pada saat musimnya, sehingga kami sulit memproduksi.
3.      Melakukan strategi pemasaran yang lebih kompetitiv

Untuk produk cemilan kami, kami menentukan harga dari Rp 6.000,- per box. Harga yang sangat murah, dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membelinya.
Sehingga siapapun dapat mencoba camilan kami ini secara puas dagan harga yang relatif murah.
Kami menargetkan menjual produk kami dengan membuka stand di berbagai tempat seperti pasar, contohnya pasar pagi Juanda, yang ramai di kunjungi dari semua orang dari berbagai kalangan, dan juga pangsa pasarnya bagus.

Kami mempromosikan produk kami melalui brosur, dan media social seperti facebook, dan blog.
Sekarang ini banyak orang yang menggunakan media social untuk membantu mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mencari resep makanan, berbelanja yang tidak repot untuk datang ke mall. Sekarang semua bisa di lakukan dengan media social.
Oleh karena itu kami tertarik menggunakan media social sebagai alat bantu kami dalam memasarkan produk kami.
                  2.2.4.1       AIDA

a.             Attention
Produk kami adalah keluaran produk pertama risol buah dengan nama “Nagacol Fruit” singkatan dari Naga colek Fruit, kami memberikan nama produk kami tersebut bertujuan untuk menarik perhatian konsumen.

Produk “Nagacol Fruit” memiliki beberapa aneka buah didalamnya, seperti apel hijau, pisang, nanas, dan lain-lain ditambah dengan keju, diharapkan konsumen dapat tertarik dengan produk kami.

Kami akan memberikan promo khusus selama 1 bulan bagi pembelian lebih dari 50 pcs.

Setelah attention, interest, dan desire sudah terlaksana, maka akan melakukan transaksi jual beli antara produsen dengan produsen.

No
Bahan
Harga
1
Tepung terigu 2 kg
2 kg = Rp 20.000,-
2
Tepung  Sagu ¼ kg
¼ kg = Rp 5.000,-
3
Tepung maizena ¼ kg
¼ kg = Rp 4.000,-
4
Mentega 1 kg
1 kg  = Rp 20.000,-
5
Gula pasir ½ kg
½ kg = Rp 6.000,-
6
Telur ayam 5 Butir
Rp 10.000,-
7
Susu kental 2 sachet
Rp 8.000,-
8
Keju ¼ kg
¼ kg = Rp 15.000,-
9
Buah Apel  ½ kg
½ kg = Rp 20.000,-
10
Buah Pisang ½ kg
½ kg = Rp 8.000,-,-
11
Buah Naga 1 kg
1 kg  = Rp 33.000,-

Buah nanas
1 kg  = Rp 12.000,-
12
Air Mineral
          -
Total
Rp 161.000,-

No
Peralatan
Harga
1
Kompor gas
-
2
Tabung gas
Rp 16.000,-
3
Teflon
-
4
Piring
-
5
Kocokan telur
-
6
Mangkuk
-
7
Sendok
-
8
Garpu
-
9
Garpu  Plastik  1 pak
Rp 7.000,-
10
Box packaging  1 pak + Stiker
Rp 120.000,-
Total
Rp 143.000



a.        Jenis produk                            =  Nagacol Fruit
b.        Jumlah produksi                     =  110 buah/hari

a.    Bahan baku                             =  Rp 161.000,-
b.    Peralatan                                  =  Rp 143.000,-
Jumlah                                     =  Rp 304.000,-

3.3.3     Modal               
=Rp 150.000,- +Rp 304.000,-
= Rp 454.000,-


3.3.4     Keuntungan                          
                                                                        =   50%
                        =  50% x 454.000,-
                        =  Rp 227.000,-

3.3.5     Modal + Keuntungan           
                                                                     =  Rp 454.000,-  +  Rp227.000,-
                        =  Rp 681.000,-


3.3.6     Harga Jual                              
                                                  =  Rp 681.000,- / 110 buah
                        = Rp 6000,-



a.        Pembuatan camilan ini mudah, dan dapat di kerjakan sendiri
b.        Alat dan bahan yang di gunakan untuk pembuatan camilan ini mudah di temukan bahkan kita bisa membeli bahan baku ini setiap hari
c.        Dapat di nikmati oleh semua kalangan, karena menyehatkan. Dan murah tentunya.

Terima kasih telah membaca rancangan kegiatan usaha yang akan kami buat, mohon maaf apabila ada kata-kata dalam rancangan kegiatan usaha ini yamg kurang berkenan. Semoga usaha ini dapat menjadi usaha yang menghasilkan keuntungan dan banyak di sukai oleh masyarakat.



0 Response to "PROPOSAL USAHA NAGACOL FRUIT (RISOL BUAH SEHAT)"

Posting Komentar