RENTANG MANAJEMEN

RENTANG MANAJEMEN
Rentang manajemen juga dikenal sebagai rentang kendali adalah konsep yang sangat pening dalam pengorganisasian fungsi manajemen. Hal ini mengacu pada sejumlah bawahan yang dapat di tangani secara efektif oleh seorang atasan dalam sebuah organisasi. Semakin besar jumlah rentang maka semakin sulit bagi atasan untuk mengkoordinasi kegiatan-kegiatan bawahan secara efektif. Prinsip rentang manajemen barkaitan dengan jumlah bawahannya yang dapat di kendalikan secara efektif  oleh seorang atasan/manajer.



v  ISTILAH LAIN RENTANG MANAJEMEN

·         Span of control

·         Span of authority

·         Span of attention

·         Span of supervision



v  PENENTUAN RENTANG YANG TEPAT

·         Rentang manajemen mampengaruhi penggunaan efesiensi dari manajer dan dan pelaksanaan kerja efektif dari bawahan mereka. Jika terlalu bnayak anak buah, maka anak buah akan semakin kurang terkontrol dan kurang arahan. Kalau terlalu sedikit, maka manajer kurang di manfaatkan tenagannya dan para bawahan terlalu di awasi.

·         Ada hubungan antara rentang manajemen di seluruh organisasi dan struktur organisasi. Jika rentang terlalu sempit, yaitu anak buahnya sedikit, maka orgnisasi akan terlalu tinggi dan berjenjang, sehingga efektivitas manajer di tiap tingkatan akan terpengaruh.



v  KATEGORI RENTANG MANAJEMEN

·         rentang dua kepala persempit : dapat menyebabkan manajer tidak digunakan sepenuhnya. Dan semakin sempit rentang manajemen, struktur organisasi akan berbentuk “tall” dengan banyak tingkat pengawasan di antara manajemen puncak dan tingkat paling rendah.

·         rentang manajemen lebar : berarti seorang atasan/manajer harus mengendalikan bawahannya dalam jumlah besar sehingga menyebabkan tidak efesien . dan rentang manajemen yang melebar akan menghasilkan struktur yang berbentuk “flat” yang berarti tingkat manajemen semakin sedikit. Dan akan mempengaruhi efektifitas manajer di semua tingkatan.



v  FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENTANG MANAJEMEN

·         Kesamaan fungsi : semakin sejenis fungsi yang di laksanakan oleh sekelompok kerja, rentangan semakin melebar.

·         Kedekatan geografis : semakin dekat kelompok kerja di dekatkan, secara fisik, rentangan semakin melebar.

·         Tingkat pengawasan langsung yang dibutuhkan : semakin sedikit pengawasan langsung di butuhkan,  rentangan semakin melebar.

·         Tingkat koordinasi pengawasa yang dibutuhkan :  semakin berkurang koordinasi yang dibutuhkan rentangan semakin melebar.

·         Perencanaan yang dibutuhkan manajer :  semakin sedikit perencanaan  yang di butuhkan, rentangan semakin melebar.

·         Bantuan organisional yang tersedia bagi pengawas : lebih banyak bantuan yang di terima pengawas dalam fungsi-fungsi seperti  penarikan, latihan, dan pengawasan mutu, rentangan semakin melebar.


0 Response to "RENTANG MANAJEMEN"

Posting Komentar