CONTOH PROPOSAL USAHA CAKE TALAS UNGU


qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrtyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnm

PROPOSAL

CAKE TALAS  UNGU

NAMA KELOMPOK  :
1.    WINDI NOVITA
2.    LOLA DWI DARMAYANTI

KORESPONDEN BISNIS INDONESIA




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan yang maha esa, karena atas rahmat dan karuniaNya, kami dapat membuat suatu rencana usaha yang insyaAllah akan bermanfaat bagi kami sebagai pemilik usaha, investor sebagai penjamin modal usaha, dan umumnya bermanfaat bagi masyarakat.
CAKE TALAS UNGU merupakan nama yang kami buat untuk kegiatan usaha ini, yang bergerak di bidang produksi kue tradisional. Yaitu Lapis.
Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi saran dan  masukan-masukannya untuk kelancaran usaha kami ini. Khususnya kepada doses pembimbing kami yang telah memberikan tugas ini, dengan demikian kami terlatih untuk membuat proposal usaha ini.


BAB 1
PENDALUHUAN
1.    LATAR BELAKANG
Pada umumnya, mereka yang membuat/memproduksi lapis membuat olahannya ini hanya dengan menggunakan tepung dan penyedap makanan, tapi kali ini, tapi membuat makanan tradisional ini dengan sedikit berbeda, sesuai dengan namanya, yaitu cake talas ungu, kami membuat kue ini dengan menggunakan umbi talas yang masih utuh, bukan penyedap/perasa. Dengan begitu, kue ini bukan hanya enak, tetapi juga sehat untuk di konsumsi, karna kami menggunakan talas ungu, yang banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan.
Karena itulah, kami mempunyai inovasi baru yang akan menjadi trend kue tradisional yang unik tapi sehat. Oleh karena itu kami memilih peluang usaha “cake talas ungu” sebagai brand usaha kami. Kami berharap dengan adanya inovasi baru ini kami8 dapat memberikan kepuasan dan dapat member kami keuntungan.

2.    PENGELOLAH USAHA

 
BIODATA PENGUSAHA 1
Nama       :  Windi Novita
Umur        :  18 Tahun
Alamat     :  jln. Tole Iskandar Kompleks Bella Cassa Blok J6/30
Usaha      :  Cake talas ungu



 
BIODATA PENGUSAHA 2
Nama       : Lola Dwi Darmayanti
umur        :  19 Tahun
alamat      :  Beji Timur
usaha      : Cake talas ungu



BAB 2
PENCANA PRODUKSI
1.    PEMASARAN
Dalam pembuatan usaha Cake talas ungu ini, kami melakukan perkenalan dan penawaran  produk kami ini daengan menggunakan
·         Brosusur
·         Dan kami akan ke rumah-rumah untuk memperkenalkan produk kami
Dan dalam pemesanan, kami juga menyediakan alternative-alternatif yang bisa di manfaatkan bagi pelanggan kami, yaitu :
·         Contact person toko kami 085342058421 untuk pelanggan yang mau di antarkan ke rumahnya (delivery)
·         Atau bisa langsung datang ke Toko kue yang rencana akan kami beri nama “SINAR BAKERY” yang beralamat di jln Tole Iskandar No. 21 depok Timur.
Alasan mengapa kami membuka usaha di tempat ini, karena lokasi ini berdekatan dengan area-area yang di gunakan untuk liburan/piknik, sehingga orang yang akan berpergian untuk liburan bisa membeli produk kami sebagai ole-ole.

2.    YANG DI PRODUKSI
Olahan yang rencana kami produksi adalah Cake talas ungu, yang terdiri dari 2 lapis, lapisan awal rasa original, dan lapisan kedua rasa talas ungu. Pilihan topingnya ada banyak, ada coklat, keju, kacang almon, dan messes.
Sesuai topingnya yang bervariasi, maka kami juga memberi harga yang bervariativ sesuai harga topingnya. Karna harga toping tersebut tidak sama, ada yang mahal, tetapi ada juga yang murah.


BAB 3
BAHAN BAKU
1.    Jumlah Bahan Baku
Untuk membuat cake talas ungu dengan toping keju, coklat, kacang almon, dan cerres. Bahan-bahannya adalah sbb:
No
Bahan
Harga
1
5 kg talas ungu
1 kg = Rp 10.000 x 5 kg = Rp 50.000
2
10 kg mentega
1 kg = Rp 30.000 x 10 kg = Rp 300.000
3
3 kg gula pasir
1 kg = Rp 12.000 x 3 kg = Rp 36.000
4
10 kg telur ayam
1 kg = Rp 10.000 x 10 kg = Rp 100.000
5
3 kg susu bubuk
1 kg = Rp  12.000 x 3 kg = Rp 36.000
6
25 gram maizena
Rp 25.000
7
1 saccet vanili
Rp 5000
8
1 saccet coklat batang
Rp 50.000
9
1 kg kacang almon
Rp 120.000
10
1 kg cerres
Rp 60.000
11
1 saccet coklat chips
RP 30.000
12
1 saccet keju batang
Rp 40.000
Total
Rp 852.000


2.    Alat Yang Dipergunakan
Peralatan
1.    Kompor gas
2.    Tabung gas
3.    Oven untuk membakar roti
4.    Mixer untuk mencampur bahan
5.    Tatanan/wadah yang di gunakan untuk menempatkan bahan  yang telah tercampur untuk kemudian di bakar
6.    Sendo plastic dan sendok besi
7.    Garpu
8.    Baskom


BAB 4
PROSES PRODUKSI DAN HARGA
Ø CARA MEMBUAT
1.    Cara pembuatan cake talas ungu toping keju
·         Campur talas ungu yang sudah di kukus dan di lunakan dengan mentega, telur, susu, gula pasir maizena dan vanili secara perlahan-lahan, dengan menggunakan mixer
·         Setelah semua bahan telah tercampur rata, tuang adonan ke dalam tatanan/wadah
·         Kemudian panggang adonan menggunakan oven api medium
·         Tunggu sampai setengah matang, kemudian lumurkan keju di atasnya, panggang lagi sampai matang, diamkan beberapa menit sampai panasnya hilang
·         Setelah itu siap di pasarkan
2.    Cara Membuat cake talas  ungu toping coklat
·         Campur talas ungu yang sudah di kukus dan di lunakan dengan mentega, telur, susu, gula pasir maizen, vanili, keju, dan coklat parut secara perlahan-lahan, dengan menggunakan mixer
·         Setelah semua bahan telah tercampur rata, tuang adonan ke dalam tatanan/wadah
·         kemudian bubuhi coklat chips di atasnya,
·         setelah itu panggang dengan oven dengan api medium sampai matang,
·         setelah matang diamkan beberapa menit sampai panasnya hilang
·         Setelah itu siap di pasarkan
3.    Cara Membuat Cake Talas ungu dengan toping kacang almon
·         Campur talas ungu yang sudah di kukus dan di lunakan dengan mentega, telur, susu, gula pasir maizena dan vanili secara perlahan-lahan, dengan menggunakan mixer
·         Setelah semua bahan telah tercampur rata, tuang adonan ke dalam tatanan/wadah
·         Kemudian taburi kacang almon di atasnya
·         Setelah itu panggang adonan sampai matang
·         Setelah matang, diamkan beberapa menit sampai panasnya hilang
·         Setelah itu siap di pasarkan


4.    Cara Membuat cake talas ungu dengan toping cerres
·         Campur talas ungu yang sudah di kukus dan di lunakan dengan mentega, telur, susu, gula pasir maizen, vanili, keju, dan coklat parut secara perlahan-lahan, dengan menggunakan mixer
·         Setelah semua bahan telah tercampur rata, tuang adonan ke dalam tatanan/wadah
·         setelah itu panggang dengan oven dengan api medium sampai setengah matang,
·         lalu taburi ceres di atasnya, setelah itu panggang kembali sampai matang
·         setelah matang diamkan beberapa menit sampai panasnya hilang
·         Setelah itu siap di pasarkan


Ø  DAFTAR HARGA
No
Toping Cake
Harga
1
Original
@Rp 12.525,-
2
Cake Talas Ungu Toping Keju
@Rp 24.525,-
3
Cake Talas Ungu Toping Coklat
@Rp 22.525,-
4
Cake Talas Ungu Toping Kacang almon
@Rp 32.525,-
5
Cake Talas Ungu Toping Cerres
@Rp 19.525,-



BAB 5
ASPEK KEUANGAN
Ø  Rencana Produksi
1.    Jenis produk                   =  Cake Talas Ungu
2.    Jumlah produksi                        =  30 buah per toping, 4 toping = 120 buah/hari
Ø  Biaya Tetap
1.    Biaya listrik                      =  Rp 120.000/bulan
2.    Biaya P3K                                   =  Rp 30.000/bulan
Jumlah                            =  Rp 150.000,-

Ø  Biaya Variable
1.    Bahan baku                    =  Rp 852.000,-
2.    Peralatan                         =          -
Jumlah                            =  Rp 852.000,-

Ø  Modal                                                 =  Rp 150.000,- + Rp 852.000,-  = Rp 1.002.000,-

Ø  Keuntungan                                     =   50%
=  50 x Rp 1.002.000,- : 100
=  Rp 501.000,-
Ø  Modal + Laba                                    =  Rp 1.002.000,-  +  Rp 501.000,-  =  Rp 1.503.000,-
Ø  Harga Jual                            =  1.503.000,-/120 buah  = Rp 12.525,-

=  Keju Rp 12.000,- + Rp 12.525,-  =  Rp 24.525,-
    Coklat Rp 10.000,-  + RP 12.525,-  =  Rp 22.525,-
    Kacang Almon Rp 20.000,- + Rp 12.525,-  =  Rp 32.525,-
    Cerres  Rp 7000,-  +  Rp 12.525 =  Rp 19.525,-


BAB 6
ANALISIS SWOT
1.    Strength (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini :
·         Menjual produk untuk semua kalangan (balita, anak-anak, remaja, dan orang tua)
·         Memiliki keunikan rasa dari cake-cake yang lainnya, karena menggunakan bahan baku asli, yaitu talas
·         Terbuat dari talas ungu yang masih jarang di gunakan pedagang sebagai bahan baku pembuatan cake


2.    Weaknes ( Kelemahan)
Kelemahan produk ini antara lain ;
·         Sangat mudah di buat sendiri, sehingga biasannya orang memilih untuk membuatnya sendiri
·         Cara pembuatannya mudah di tiru

3.    Opportunity ( Peluang)
peluang dari usaha ini antara laini :
·         Alat dan bahan mudah di temukan
·         Bahan baku mudah di dapatkan di mana saja
·         Mudah dalam pemasaran, karena lokasinya ramai

4.    Threat ( Ancaman)
Ancaman dari usaha ini antara lain :
·         Ada yang membuat cake talas ungu ini lebih unik, dan lebih bervariasi lagi.


BAB 7
PENUTUP
1.    Kesimpulan
·         Pembuatan cake ini mudah, dan dapat di kerjakan sendiri
·         Alat dan bahan yang di gunakan untuk pembuatan cake in I mudah di temukan bahkan kita bisa membeli bahan baku ini setiap hari
·         Dapat di nikmati oleh semua kalangan, karena menyehatkan.
Terima kasih telah membaca rancangan kegiatan usaha yang akan kami buat, mohon maaf apabila ada kata-kata dalam rancangan kegiatan usaha ini yamg kurang berkenan. Semoga usaha ini dapat menjadi usaha yang menghasilkan keuntungan dan banyak di sukai oleh masyarakat.

0 Response to "CONTOH PROPOSAL USAHA CAKE TALAS UNGU"

Posting Komentar