WAWANCARA PENGUSAHA


Wawancara Pengusaha
Nama Pengusaha               : Bapak Acil
Alamat                                   : Cinere
Jenis Usaha                         : Olahan Rumput Laut
Nama Produk                       : Yougurt dan Jelly
Harga Produk                       : 1. Yougurt Rp 10.000
                                            2.Jelly Rp 12.500
Jenis Penjualan                  : Pasar Tradisional dan via online

Bapak Acil adalah seorang pengusaha yang memulai karirnya sebagai pengusaha sejak tahun 2010. Awalanya pak acil hanya seorang pegawai kantoran biasa, yang ingin memiliki penghasilan tambahan. Kemudian pak acil terinspirasi dari makanan yang yang bahan dasarnya dari rumput laut. Karena pak Acil adalah seorang yang memiliki jiwa rasa tinggi dan sangat menyukai susu fermentasi atau yougurt, kemudian dia menemukan ide untuk membuat yougurt rumput laut. Dengan modal yang lumayan besar kata pak Acil, dia memulai usahanya.
Awalnya pak acil bekerja sendiri, belum memiliki karwayan. Dengan bekal kemampuan dan pengetahuan yang dia dapat dari teman dan internet, pak acil membuat yougurt dengan banyak variasi rasa, kemudian yougurt tersebut di campurkan rumput laut.
Selang beberapa bulan, ternyata masyarakat lumayan suka dengan produk yang di jual oleh pak acil. Kemudian pak acil kembali berinovasi dengan mengeluarkan produk jelly yang 90% bahan dasarnya rumput laut, dan memiliki banyak variasi rasa.
Menurut pak acil dia memilih usaha ini karena peluangnya bagus, terbukti saat dia memasarkan produknya dia bisa mendapatkan omset 70-80%perhari  dari modal yang telah dia keluarkan, paling sedikit omset yang di dapat oleh pak acil berkisar antara 50-60% perhari,, dan sekarang pun pak acil mampu menarik pegawai.
Pak acil memasarkan produknya dengan cara berjualan di pasar tradisional seperti juanda, dan memasarkannya secara online. Alasan pak acil memilih juanda sebagai tempat untuk berjualan, karena pangsa pasar di juanda bagus, yang datang berbelanja dari semua kalangan mulai dari kalangan menegah ke bawah sampai kalangan atas. Dan daya beli masyarakat di pasar juanda, sehingga pak acil semakin semangat untuk mengembangkan usahanya. Pak acil sudah 3 tahun berjualan di juanda, sehingga dia tau minat beli masyarakat seperti apa. Pak acil berjualan di pasar juanda dari jam 06.00 pm-13.00 am, dan untuk di juanda pak acil memiliki 2 karyawan. Selain di juanda, pak acil juga memiliki boot basher di perusahaan sekitar daerah sudirman thamrin.
Dalam sehari pak acil dapat menjual produk sekitar 1000 botol yougurt dan 700-800 cup jelly, paling sedikit 700 botol dan 500 cup dalam sehari, dari penjualan melalui online, pasar tradisional, dan juga event basher.
Dalam menjalankan usaha pasti ada kendalanya kata pak acil, contohnya seperti sekarang ini, musim hujan apalagi membuka usaha outdoor seperti ini, membuat masyarakat malas untuk keluar rumah apalagi ke pasar sehingga daya beli sedikit menurun, tapi tetap ada sedikit pemasukan dari pemasaran online.
Selain mengalami kendala, usaha pak acil pun pernah mengalami kerugian, berhubung produk yang mereka jual adalah minuman dan makanan yang kadar keawetannya tidak tahan lama, sering kali produknya terbuang percuma terutama produk jelly.
Motivasi pak acil ingin mengembangan produknya yang di jualnya, karena pak acil melihat peluang bagus untuk usahanya ini, dan usaha ini pun termasuk jenis makanan yangt unik dan sehat, dan belum banyak orang yang mengembangkan usaha ini, sehingga pak acil dan karyawannya pun semakiin semangat memproduksi dan menjual produk ini.
hasil dokumentasi









0 Response to "WAWANCARA PENGUSAHA"

Posting Komentar